Bupati Minta PNS Berbenah  Dari ”Lauching” Simpeg Online dan Penyerahan SK PNS K2 di Badung

644
Ist SK - Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta saat penyerahan SK Pegawai Negeri Sipil Daerah dari Tenaga Honorer Kategori 2 Tahun Anggaran 2013 dan 2014 serta dirangkaikan dengan launching simpeg online, Selasa (4/10) kemarin.

Mangupura (Bisnis Bali) – Pegawai negeri merupakan garda terdepan terwujudnya fungsi pemerintahan di daerah terutama dalam mewujudkan pelayanan publik berkualitas, peningkatan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan daya saing daerah. Untuk itu, segenap pegawai diminta mampu menunjukkan kinerja yang baik.

Seluruh pegawai di Badung mesti berbenah diri dengan berkeja keras, bekerja berkualitas, bekerja ikhlas dan tuntas. Jadi etos kerja pegawai di Kabupaten Badung mesti berorientasi pada pelayanan kepada masyarakat secara maksimal melaui terbangunnya sinergitas dan konektivitas antar-SKPD di Badung. Demikian ditegaskan Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta saat penyerahan surat keputusan pegawai negeri sipil daerah dari tenaga honorer kategori 2 tahun anggaran 2013 dan 2014 serta dirangkaikan dengan launching Simpeg online di ruangan Kertha Gosana, Puspem Badung, Selasa (4/10) kemarin.
Turut hadir pada acara penyerahan SK  PNS terhadap pegawai tenaga honorer  kategori 2 tercatat 169 orang pegawai ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Badung Ketut Suiasa, Sekkab Badung serta segenap pimpinan SKPD.
Bupati Giri Prasta selaku pembina kepegawaian menegaskan, seiring dengan konsep Badung smart city, Simpeg online sebagai bagian dari sistem informasi manajemen pegawai mesti terus disempurnakan karena ending dari simpeg online ini, bahwa ke depan yang bertugas di bidang kepegawaian mesti melakukan fungsi pelayanan dengan inovasi pelayanan melalui  jemput bola. Ke depan konsep ini terus dilakukan penyempurnaaan dengan pemanfaatan teknologi informasi.

Menurutnya, kehadiran teknologi ini tidak dapat dihindari karena selama ini telah terbukti memberikan kontribusi pada peningkatan pendapatan asli daerah dengan pemasangan tiping box dengan sistem online yang telah dilakukan oleh Dinas Pendapatan Daerah.

Di samping itu, Bupati Giri Prasta juga kembali menegaskan komitmennya untuk memberikan reward dan punishment kepada segenap ASN di Kabupaten Badung. Dikatakannya, bila pegawai telah melaksanakan tugasnya dengan baik dengan etos kerja yang tinggi penuh disiplin dan loyalitas, pihaknya akan memberikan reward baik dalam bentuk peningkatan tunjangan kinerja maupun promosi pada jenjang yang lebih tinggi. “Namun sebaliknya bila masih ada pegawai tidak mampu menunjukkan kinerja dan prestasi tentu juga akan menjadi bahan pertimbangan untuk mendapatkan sanksi dan punishmen,” pungkasnya.
Hal senada juga disampaikan Wakil Bupati Badung Ketut Suiasa. Dia menyampaikan apresiasi atas langkah inovasi peningkatan pelayanan kepegawaian secara online. Penekanannya bagaimana asas manfaat yang diperoleh oleh pegawai ketika hak dan reward pegawai terutama terkait kenaikan pangkat baik saat berkala maupun kenaikan pangkat reguler. Bila database sudah baik, nanti dalam simpeg online diharapkan BKD sudah mengetahui pegawai yang akan naik pangkat setiap bulan baik bulan berjalan maupun bulan bersangkutan hingga bulan selanjutnya, maka pegawai bisa sudah menerima SK. Hal ini dipandang penting dilakukan agar pelayanan yang diberikan oleh BKD kepada segenap pegawai akan berkontribusi kepada kinerja pegawai. Dengan pelayanan ini, pegawai akan dapat fokus bekerja karena sudah dijamin oleh BKD hak-haknya diterima sehingga semua pegawai mendapatkan kemudahan dan akhirnya hanya fokus pada fungsi pelayanannya masing-masing sesuai tupoksinya.
Kepala BKD dan Diklat I Gede Wijaya melaporkan, SK PNS yang diserahkan kepada 169 PNS dari keseluruhan 171 PNS, berkurang 2 orang meninggal karena sakit, yakni Ni Putu Rai Mariati dari Bagian Umum dan Ni Nyoman Wahyuni SMAN 1 Kuta Utara. Dari jumlah tersebut, golongan I sebanyak 35 orang, golongan II 108 orang dan golongan III 26 orang. (sar/)

BAGIKAN