HUT Kota Tabanan Ke-523 Pemkab Tabanan dan Yayasan Siwa Murti akan Gelar ’’Metatah” Massal  

1442

Tabanan (Bisnis Bali) –  Di akhir November 2016 mendatang, Kota Tabanan akan genap memasuki usianya yang ke-523 tahun. Seperti yang sudah-sudah, peringatan HUT Kota Tabanan selalu diisi dengan berbagai kegiatan. Mulai dari yang bersifat hiburan sampai dengan sosial.

Khusus yang bersifat sosial, Pemkab Tabanan bersama Yayasan Siwa Murti rencananya akan menggelar upacara Manusa Yadnya dalam bentuk Metatah Massal. Rencananya, kegiatan tersebut akan digelar pada 6 November 2016 mendatang, di Wantilan Desa Pakraman Bedha, Desa Wanasara, Kecamatan Tabanan.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Kabupaten Tabanan, Wayan Yatnanadi, Senin (3/10) mengatakan, upacara Metatah Massal sudah menjadi hal lumrah yang dilakukan masyarakat Bali saat ini. Selain menghemat biaya, metatah secara massal juga mampu meningkatkan rasa kebersamaan dan gotong royong serta menonjolkan konsep menyamabraya di kalangan masyarakat.

“Sebagai orang Bali yang sangat mencintai agama dan budaya, di perayaan HUT ke-523 Kota Tabanan tahun ini, kami ingin menonjolkan kegiatan yang bersifat spiritual. Selain untuk mengetuk hati masyarakat untuk senantiasa ingat kepada penciptanya, kegiatan yang kami gelar juga kami harap mampu meringankan beban masyarakat khususnya di Kabupaten Tabanan,” ungkapnya.

Ditambahkan, upacara metatah massal ini akan diikuti 500 peserta dari sepuluh kecamatan yang ada di Kabupaten Tabanan. Menurutnya, kegiatan ini terbuka untuk seluruh lapisan masyarakat yang ada di Kabupaten Tabanan terutama bagi mereka yang kurang mampu. “Upacara ini terbuka untuk seluruh lapisan masyarakat, terutama bagi mereka yang kurang mampu dan kami tidak akan pungut biaya apapun alias gratis,” imbuhnya.

Menurutnya,  kegiatan ini bukan semata-mata untuk membantu masyarakat yang kurang mampu, namun ini juga bertujuan untuk menciptakan generasi penerus yang bermoral dan berakhlak tinggi. Sehingga, dapat membawa perubahan ke arah yang lebih baik kedepannya, khususnya di Bali.

“Inilah inti dari hidup, hendaknya kita bisa berguna bagi masyarakat umum, dengan melakukan perbuatan yang baik, niscaya dengan perbuatan yang baik kita menanam karma yang baik pula. Sehingga mendapat pahala yang baik pula, karena kita hidup tidak terlepas dari karma,” terangnya.

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti kegiatan metatah massal dapat mendaftarkan diri pada kelian adat/bendesa pakraman/camat masing-masing, atau dapat pula mengunjungi Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Tabanan dengan alamat Kantor Bupati Tabanan, Jalan Pahlawan No 19, Telepon (0361) 811417 ext. 121 atau 122. (man)