Belajar Penjaminan Kredit Ahok Kirim Direktur dan Komisaris PT Jamkrida Jakarta ke PT Jamkrida Bali

94
Pengurus PT Jamkrida Bali Mandara Bersama Pengurus PT Jamkrida Jakarta

Denpasar (Bisnis Bali) – PT Jamkrida Jakarta adalah perusahaan penjaminan kredit daerah yang baru berdiri tahun 2014. Sebagai perusahaan yang baru berdiri, PT Jamkrida Jakarta saat ini sedang gencar memperoleh informasi dan perbandingan kepada perusahaan penjaminan kredit daerah lainnya. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan kinerja perusahaan dan manajemen demi mencapai good corporate governance.

Salah satu perusahaan yang dijadikan destinasi tempat studi banding adalah PT Jamkrida Bali Mandara (PT JBM) yang lebih dahulu berdiri dan berkecimpung dalam bisnis penjaminan kredit. Alasan PT JBM menjadi tujuan studi banding adalah karena berbagai prestasi yang telah diukir baik dalam hal penjaminan kredit maupun sebagai badan usaha milik daerah (BUMD).

Kunjungan tersebut diwakili Direktur dan Komisaris Jamkrida Jakarta Imam Wahyudi dan Drs. Arif R.. Hakim, AAAIK, ACII yang disambut langsung oleh Dirut PT JBM I Ketut Widiana Karya, S.E., MBA, didampingi Komisaris AA Gede Alit Sastrawan dan Direktur I Ketut Indra Satya Dharma Putra, S.E.

Fokus Jamkrida Jakarta yaitu mengenai pengembangan bisnis dan sistem infomasi online yang diterapkan oleh PT JBM. Berkenaan dengan pengembangan bisnis, PT JBM kini telah menempatkan PIC di masing-masing daerah di seluruh kabupaten dan kota di Bali yang disebut dengan Credit Guarantee Officer (CGO) serta melakukan kerja sama dengan agen untuk pemasaran bonding. Hal ini belum diterapkan oleh Jamkrida Jakarta. Diskusi pada studi banding ini juga mengungkapkan pentingnya manajemen risiko dalam memitigasi sebuah risiko penjaminan kredit.

Pada akhir diskusi Jamkrida Jakarta menyampaikan rasa terima kasih karena banyak mendapat masukan dari PT JBM. “Jamkrida Jakarta akan berupaya menerapkan berbagai keunggulan yang telah diterapkan PT JBM,” ujar Imam Wahyudi. (r/)

 

BAGIKAN