Disentuh Tangan Pemodif, Motor Tua tak Kalah Trendi  

143

Denpasar (Bisnis Bali) –  Modifikasi sepeda motor merupakan salah satu hobi yang dimiliki para pecinta otomotif di Bali. Para pecinta otomotif berusaha menciptakan kreativitas pada motor yang mereka miliki, sehingga tampak berbeda dari motor lainnya.

Salah satunya motor tua jenis Honda C70 (seven ceblok) jika telah tersentuh oleh tangan pemodifikasi, tak kalah trendinya dengan tampilan motor keluaran terbaru.

Menurut Arya Nanta, salah seorang pemodif motor Honda C70, dikawasan Denpasar, Sabtu(1/10), pihaknya sengaja memodifikasi motor keluaran tahun 1970-an dengan cara mengubah penampilannya, seperti mengubah warna cat, ganti pelek, memberi desain tambahan, serta menambah beberapa aksesori tertentu, demi terciptanya motor yang trendi yang tidak kalah bagusnya dengan motor keluaran terbaru.

‘’Tujuan kami melakukan modifikasi ini, selain agar tampak berbeda kami juga menginginkan agar motor ini lebih nyaman dikendarai dan juga indah dipandang,’’ ujarnya.

Menurutnya, pihaknya rela merogoh kantongnya hingga juta rupiah agar bisa memiliki kendaraan yang elok dan terlihat berkelas.  Apalagi sebuah motor yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa biasanya memiliki nilai jual yang lebih tinggi daripada motor yang masih standar dan belum diberikan sentuhan modifikasi.

Pihaknya mengakui, seringkali proses modifikasi motor dilakukan tanpa melakukan perhitungan yang matang. Akibatnya, selain menghasilkan karya yang kurang sesuai keinginan juga akan mengakibatkan terganggunya fungsi sebuah motor sebagai alat transportasi.

Maka dari itu, pihaknya harus memperhatikan ketentuan yang berlaku dalam undang-undang. Sebab, warna sebuah motor akan dicatat dalam surat keterangan motor tersebut, sehingga apabila akan mengubah warna sebuah motor, berarti pemilik harus bersiap untuk mengurus administrasi pengubahan keterangan dalam STNK motor.

Kata dia, apabila motor digunakan sebagai alat transportasi sehari-hari, pihaknya selalu perhatikan batas ketinggian motor. Mengingat, banyak motor yang diturunkan ketinggiannya, sehingga kesulitan untuk menempuh medan yang kurang mulus dan bergelombang atau penuh polisi tidur seperti di kawasan perumahan.  (aya)

BAGIKAN