Pascadeklarasi TA jangan Beratkan Rakyat

68

Denpasar (Bisnis Bali) – Melihat kondisi perekonomian Indonesia saat ini, tampaknya negara memang membutuhkan partisipasi masyarakat. Dengan begitu, program tax amnesty (TA) ini perlu mendapat dukungan dari setiap warga negara.

Demikian disampaikan mantan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Bali, I Wayan Sudirta usai melaporkan harta kekayaannya melalui program TA.
“Program TA ini sangat berat, bila masih ada kebocoran di sana-sini,” katanya. Kalau ingin berhasil harus ada jaminan program-program transparansi, lawan korupsi. “Selain itu yang terpenting setelah program TA ini, ke depan tidak akan memberatkan masyarakat yang mendeklarasikan kekayaannya,” tegasnya.

Aparat pajak juga harus mengubah wajah, yang selama ini terkesan sebagai pencetak uang pemerintah dan penuh dengan permainan oknum koruptor. Kalau ingin berhasil yakin program TA ini untuk melindungi negara, untuk melayani rakyat dan tidak memberatkan. “Dengan demikian, masyarakat tidak khawatir, apa dampaknya di kemudian hari kalau mengikuti TA,” katanya. – Selengkapnya Baca Koran Harian Bisnis Bali  (pur)