Promosikan Kekayaan Kuliner Indonesia di Kancah Internasional  

111
ket foto - APPBI - Ketua APPBI Bali Gita Sinarwulan (dua dari kanan) bersama pengurus APPBI Bali lainnya usai jumpa pers beberapa waktu lalu 

Mangupura (Bisnis Bali) – Pariwisata tidak hanya melulu mengenai objek dan atraksi wisata. Terkadang para pelancong juga sangat menikmati kegiatan wisata kuliner di suatu daerah. Tentunya diharapkan berbagai festival kuliner yang tengah diadakan nantinya akan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan.

Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) saat ini tengah mengggelar event bertajuk Wonderful Indonesia Culinary & Shoping Festival (WICSF). Sejalan dengan program ambisius Kemenpar RI yang menargetkan kunjungan wisatawan hingga 20 juta orang di tahun 2019, WICSF juga bertujuan untuk mempromosikan kekayaan kuliner Indonesia agar makin dikenal di kancah internasional.

Adapun event ini akan digelar selama sebulan penuh mulai dari 27 September hingga 27 Oktober 2016. “Memang wisatawan yang berkunjung ke suatu tempat biasanya untuk pelesiran. Tapi ada beberapa hal lainnya yang juga akan mereka cari. Pertama kuliner khasnya dan yang kedua handicraft-nya. Oleh karena itu, kami selaku pengusaha mal dan retail juga akan mengakomodir hal-hal tersebut,” kata Ketua APPBI Bali, Gita Sinarwulan, Selasa (27/8).

Ia mengatakan, pihaknya juga akan menjalin kerja sama dengan asosiasi chef yang ada di Bali dalam memeriahkan WICSF, yakni Bali Culinary Professional (BCP). Di Bali Collection sendiri, dia mengungkapkan akan dibuat pepes dengan panjang minimal 10 meter yang nantinya akan melibatkan wisatawan lokal maupun mancanegara untuk membuatnya. Adanya kegiatan unik ini di sela-sela festival tentu diharapkan akan menarik minat para pengunjung mal untuk ikut bergabung. “Tamu yang kebetulan ada di Bali Collection saat itu akan kami ajak bersama – sama membuat pepes. Dan hasilnya nanti akan dinikmati bersama – sama,” jelasnya

Wonderful Indonesia Culinary & Shoping Festival digelar serentak di 12 provinsi di Indonesia. Untuk di Bali, WICSF diselenggarakan 7 mal. Di antaranya Lippo Mall Kuta, Lippo Plaza Sunset, Park 23, Benoa Square, Bali Collection, Beachwalk, dan Level 21. Setiap mal tersebut akan menyelenggarakan acara-acara menarik yang tentunya akan berbeda antara mal satu dengan yang lainnya. (ard)