Jadi Instrumen Investasi, Tabungan Emas kian Prospektif  

77

Denpasar (Bisnis Bali) – Masyarakat di daerah ini kian antusias menjadi nasabah tabungan emas yang disediakan PT Pegadaian (Persero) Kanwil VII Denpasar, karena dinilai instrumen investasi paling menjanjikan.

“Respon masyarakat cukup tinggi. Sampai saat ini jutaan orang telah menjadi nasabah kami,” kata Humas PT Pegadaian (Persero) Kanwil VII Denpasar, Made Mariawan, Rabu (28/9).

Lanjut Mariawan, antusiasnya masyarakat memiliki tabungan emas, karena salah satu instrumen berinvestasi yang menjanjikan dan menguntungkan. Emas terlindung dari inflasi, mengingat kenaikan harganya 20-22 persen setiap tahunnya.

Kenaikan harga ini, membuat emas menjadi investasi aman yang dipandang sebagai pelindung finansial seseorang. Investasi yang melindungi nasabah dari inflasi, keunggulan ini membuat tabungan emas diminati masyarakat Denpasar dan sekitarnya.

Terlebih lagi, kata Mariawan, untuk menjadi nasabah tabungan emas Pegadaian tidak memerlukan persyaratan yang rumit dan bertele-tele. Persyaratan dasarnya, hanya berupa penyerahan fotocopy identitas diri yang masih berlaku.

Menurut dia, menabung emas itu memiliki kelebihan mudah dicairkan atau bersifat liquid. Kalau ada keperluan mendadak, bisa sewaktu-waktu emas itu dicairkan jadi uang tunai tanpa kesulitan.

“Tidak seperti investasi dalam bentuk lain yang jika hendak dicairkan memerlukan prosedur atau proses tersendiri. Inilah kelebihan emas, sehingga tak heran jika peminatnya tak pernah surut dari waktu ke waktu,” jelas Mariawan.

Lanjutnya,  proses menabung dapat dilakukan kapan saja dalam kelipatan 0,01 gram.

Uang yang disetorkan akan dikonversi ke dalam emas sesuai dengan harga pada saat transaksi.

Keunggulan lainnya, jika masyarakat membutuhkan dana tunai, saldo emas pada rekening tabungan itu sewaktu-waktu dapat dijual kembali ke Pegadaian.

Ia mencontohkan, seseorang yang mempunyai saldo emas 1 gram, kemudian ingin menjual sebesar 0.5 gram, maka dana tunai yang dapat diterima sekitar Rp 240 ribuan sesuai dengan harga emas yang berlaku saat ini.

“Rekening tabungan emas sewaktu-waktu dapat dicetak menjadi emas batangan dengan membayar biaya cetak emas sesuai ketentuan biaya yang berlaku,” katanya. (aya)

BAGIKAN