Aneka Cicin Kawin Emas  Laris saat Musim Pernikahan

99
Jenis cicin kawin yang laris saat musim pernikahan.   wid

Denpasar (Bisnis Bali) – Permintaan akan perhiasan selalu mengikuti suasana yang terjadi pada masyarakat. Seperti sebelumnya, motif perhiasan Bali yang indentik dengan ukiran laris jelang hari Raya Galungan,  berbeda halnya dengan cicin kawin yang banyak permintaan pada  hari-hari masyarakat melakukan pernikahan.

Lusi,  salah seorang pemiliki toko emas di Jalan Hasanudin mengatakan, bulan-bulan pernikahan seperti saat ini,  permintaan perhiasan emas lebih banyak ke cincin kawin. Ada banyak variasai dan motif cicin kawin yang disediakan di toko miliknya.

“Masyarakat biasanya memesan terlebih dahulu yang disesuaikan dengan motif,  ukuran serta desain yang diinginkan seperti apa.  Namun terkadang juga ada beberapa yang langsung membeli yang sudah ada di toko,” katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan,  motif cicin kawin itu biasanya polos,  tidak padat dengan ukiran.  “Ada juga yang ditambahkan permata sesuai keinginan,” tambahnya.

Ditanya masalah harga,  dia mengatakan, bervariasi tergantung berat dan kadar emasnya. Ada dua versi cicin kawin yang dijualnya yaitu, buatan tangan dan buatan pabrik. Untuk buatan tangan,  cicin kawinnya didatangkan dari perajin di daerah Celuk,  yang tentu kadar dan berat emas lebih tinggi.

Pengerjaannya pun lebih lama,  sehingga harganya lebih mahal. “Kisaran berat cicin kawin yang buatan tangan 5 gram per pcs. Untuk kadarnya minimal yang kita jual 75 persen, “katanya.

Sedangkan untuk yang buatan mesin,  kadar emasnya lebih sedikit,  serta pengerjaannya lebih mudah sehingga harganya lebih terjangkau. Berat emasnya pun sedikit yang biasanya 1 sampai 2 gram untuk satu buah cincin. Jenis perhiasan ini biasanya didatangkan dari luar Bali, yaitu Surabaya dan Jakarta. “Untuk yang buatan mesin cetakan itu kosongan,  sehingga lebih ringan. Kadar emasnya mencapai 70 persen yang kami jual disini,”katanya.

Dia mengatakan,  pembeli akan memilih sesuai budget yang dimiliki. Yang menurutnya kedua versi perhiasan ini, baik yang buatan tangan atau yang cetakan sama-sama diminati.  (wid)

BAGIKAN