Kegiatan Sosial K3S Badung di Sibang Gede Ny. Seniasih Giri Prasta Kembali Bantu Warga Sakit dan tak Mampu

662
ist KURANG MAMPU - Ketua K3S Kabupaten Badung Ny. Seniasih Giri Prasta bersama Ketua DWP Badung Ny. Kompyang R. Swandika mengunjungi salah satu warga kurang mampu di Desa Sibang Gede, Kec. Abiansemal, Senin (26/9) kemarin.

Mangupura (Bisnis Bali) – Ketua Koordinator Kegiatan Kesejahtaraan Sosial (K3S) Kabupaten Badung Ny. Seniasih Giri Prasta bersama Ketua Dharma Wanita Persatuan Badung Ny. Kompyang R. Swandika, dan instansi terkait, kembali turun ke lapangan mengadakan kegiatan sosial untuk melihat kondisi masyarakat Badung sekaligus memberikan bantuan. Kali ini menyasar 5 warga di Desa Sibang Gede, Kecamatan Abiansemal, Senin (26/9) kemarin.

Didampingi anggota DPRD Badung asal Sibang Gede I Nyoman Gede Wiradana dan Camat Abiansemal Putu Ngr. Thomas Yuniarta,  istri Bupati Badung ini satu per satu mendatangi rumah warga yang sakit maupun yang kurang mampu. Kegiatan sosial tersebut juga dihadiri Kadisosnaker Badung IB Oka Dirga, Kadisdikpora I Ketut Widia Astika, dari Dinas Kesehatan, RSUD Mangusada, Pustu Sibang Gede, Perbekel Sibang Gede serta para kelian banjar setempat.
Kunjungan diawali di Banjar Parekan, Sibang Gede. Salah satu warga banjar tersebut I Nyoman Oka (42) mengalami mata rabun. Kondisi tersebut telah dialami ayah satu anak ini sejak duduk di bangku sekolah dasar. Penyakitnya sudah pernah diobati, namun hingga saat ini belum bisa melihat normal. Dari sana, Ny. Seniasih mengunjungi I Nyoman Artawan (11) di Banjar Pane, Sibang Gede. Anak kelas 4, SD 3 Sibang Gede ini, pada hari Kuningan lalu tangan kirinya terkena minyak panas. Anak ketiga dari pasangan suami istri I Nyoman Dana dan Ni Wayan Sari ini kondisinya cukup memprihatinkan. Meski sudah mendapat pengobatan, hampir seluruh bagian tangannya masih terkelupas dan saat ini masih diperban.
Kunjungan dilanjutkan ke warga Banjar Badung, Sibang Gede Ni Wayan Bunter (70). Nenek yang mempunyai dua anak dan satu cucu ini tergolong keluarga kurang mampu. Aktivitas kesehariannya hanya membuat ceper (sarana upakara) bersama anaknya Ni Wayan Yasa Ariani. Cucunya Luh Sintya Maharani (9) masih kelas 3 di SD 2 Sibang Gede.

Berikutnya ke Banjar Tagtag, Sibang Gede. Salah satu warga I Made Widiarta (60) mengalami sakit kanker paru, sesak dan diabetis. Penyakit ini telah dialami sejak 8 bulan lalu. Saat dikunjungi, Made Widiarta sedang kemoterafi. Untuk membantu kondisinya, istrinya Wayan Darni setiap hari harus memberikan bantuan oksigen. Terakhir Ny. Seniasih mengunjungi Ketut Astawa (41), warga banjar Bantas Kaja, Sibang Gede mengalami epilepsi. Saat ini ia hanya dirawat oleh sang ibu Ni Wayan Mundri. Keluarga ini tergolong kurang mampu.
Melihat dari dekat kondisi warganya tersebut, Ny. Seniasih Giri Prasta turut prihatin, tak henti-hentinya memberikan dukungan moril serta mengharapkan keluarga agar tetap tabah. Pihaknya juga meminta kepada instansi terkait baik itu RSUD Badung Mangusada, Disosnaker, Disdikpora maupun Puskesmas Pembantu Sibang Gede dan Perbekel agar segera mengambil langkah-langkah sehingga kondisi masyarakat yang sakit maupun kurang mampu mendapat penanganan segera. “Kami minta instansi terkait agar membantu menangani masalah ini. Seperti masyarakat yang sakit, segera di periksakan ke puskesmas atau dirujuk ke RSUD. Sementara keluarga kurang mampu agar dibantu Disosnaker,” jelasnya.
Dikatakan, kegiatan sosial ini sebagai wujud nyata perhatian dan sumbangsih K3S sebagai partner Pemkab Badung, ikut berperan aktif menangani masalah kesejahteraan sosial masyarakat Badung. Hal ini juga sebagai bukti bahwa Pemkab bersama K3S Badung senantiasa hadir di tengah-tengah masyarakat.

Sebagai wujud perhatian, Ny. Seniasih Giri Prasta menyerahkan bantuan sembako dan sejumlah uang guna meringankan beban keluarga. (sar/)

BAGIKAN