SDM Mumpuni, Koperasi pun Dipastikan Berkembang Pesat

116
sta PENTING - Diklat sangat penting dilaksanakan SDM koperasi sehingga koperasi berkembang dan mampu memberikan kesejahteraan bagi anggota.

Sumber daya manusia (SDM) baik pengurus, pengawas dan anggota sangat menentukan maju dan mundurnya sebuah koperasi. SDM koperasi merupakan aktor pendorong. Lantas apa yang mesti dilakukan untuk memaksimalkan perkembangan koperasi?

SDM perkoperasian merupakan aktor yang mesti dipacu secara berkesinambungan guna memiliki ilmu pengetahuan yang selaras dengan kebutuhan dan perkembangan zaman. Aktor layaknya pemain dalam sinetron dan film yang memegang peranan strategis dan utama. Aktor tidak dapat memberikan kepuasan dan kebutuhan masyarakat sekalu penonton, maka senetron dan film tidak akan laku.

Hal ini juga berlaku dalam pengelolaan koperasi.  Pengurus, pengawas dan anggota mesti tangguh dan kokoh serta mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sesuai perkembangan zaman, koperasi tentu mampu bersaing dalam dunia bisnis sejenisnya, apalagi persaingan tidak lagi sebatas lokal dan nasional. Sejak akhir tahun 2015 lalu, Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sudah diberlakukan. Itu artinya seluruh gerakan koperasi mesti mampu bersaing, bila perlu melakukan ekspansi usaha sampai ke negara-negara tingkat ASEAN.   – Selengkapnya Baca Koran Harian Bisnis Bali  (sta)

BAGIKAN