Sandal Bali “Wedges” Lebih Diminati Pasar Lokal  

139

Denpasar (Bisnis Bali)- ‪Peluang ekspor untuk kerajinan sandal Bali memang tinggi.  Namun tidak hanya ekspor,  penjualan sandal Bali di pasar lokal juga berpeluang,  mengingat saat ini masyarakat Indonesia khususnya di Bali sudah mulai menyukai produk lokal.

‪Permintaan ekspor sandal Bali yang beberapa tahun lalu lebih mendominasi,  saat ini sudah mulai banyak permintaan lokal.  Salah seorang perajin sandal Bali, Ni Nyoman Ayu Upadani, di Pemogan,  belum lama ini mengatakan, permintaan sandal Bali oleh masyarakat sudah meningkat saat ini. Dia mengaku, penjualan sandal Bali baik ekspor maupun lokal  memiliki persentase yang sama.

‪”Bahkan saat ini, sandal Bali lebih diminati masyarakat lokal terutama untuk yang hill dan wedges. Hal ini dikarenakan masyarakat Bali sudah mulai gemar memakai produk lokal, yang biasanya digunakan untuk ke Pura,” katanya.

‪Menurutnya,  pasar lokal juga memiliki peluang yang tinggi untuk pemasaran produk lokal seperti sandal. Kualitas perlu diperhatikan untuk pemasaran produk,  yang akan membuat masyarakat suka memakainya. Selain itu,  tentunya modif yang selalu update dan sesuai dengan kegemaran masyarakat lokal juga harus diperhatikan.

‪Dengan demikian,  dia mengatakan,  produk sandal Bali yang diproduksinya mampu menarik minat masyarakat dibuktikan dengan banyaknya penjualan produknya di mall besar Bali seperti Centro,  Carefour,  dan sebagainya yang bekerja sama dengannya.

‪”Tentunya penjualan sandal kami tidak kalah saing, dengan penjualan sandal impor atau bermerek yang banyak dicari masyarakat, “katanya.

‪Disinggung masalah bahan,  dirinya juga mengatakan, memanfaatkan produk lokal yang diperolehnya dari perajin di Bali.  “Memang ada beberapa bahan seperti kulit yang didapatkan dari luar Bali,  namun saya masih tetap memanfaatkan jasa masyarakat di Bali yang membelinya dari luar, “katanya. (wid)

BAGIKAN