Made Budi Arsana Kenalkan Wisata Budaya  

132
Made Budi Arsana

PENUNJANG pariwisata tidak hanya dilihat dari sumber daya alam yang mumpuni, akan tetapi sumber daya manusia juga harus turut berperan untuk meningkatkan pariwisata khusunya wisata budaya.

Perbekel Desa Anturan, Made Budi Arsana mengatakan, dalam menghadapi era globalisasi serta penunjang pariwisata yang makin beragam, pihaknya berharap dengan pengembangan kreativitas dari sumber daya manusia itu mampu meningkatkan wisata.

Ia mencontohkan dari anak anak dengan dilatih bermain alat gamelan tradisonal yakni gender dan juga sanggar tari yang sudah diprogramkan olehnya untuk menampung kreativitas dari anak anak yang memiliki bakat terpendam. “Kita fasilitasi dan kita berikan dana pembinaan untuk sanggar tari, gender anak anak dan kegiatan Porsenides untuk menampung kreativitas anak muda,” katanya.

Pria yang juga sebagai pengayom masyarakat di Desa Anturan ini mengharapkan masyarakat jangan sampai  menjadi penonton atau menjadi objek dari sebuah perhelatan pariwisata. “Ke depan harus dipikirkan konsep wisata budaya dengan masyarakat sebagai subjek,” katanya.

Ke depan, dalam program peningkatan pariwisata dari pemerintah khusus untuk di daerahnya yang memiliki jarak paling dekat dengan objek wisata Lovina yang sebagai tujuan wisata bagi tamu asing pihaknya berharap di masyarakat nantinya memiliki fasilitas khusus layaknya penginapan untuk para tamu wisata. Adapun tujuannya agar tamu berbaur dengan masyarakat utamanya saat adanya upacara adat seperti tiga bulanan dan ngaben massal. “Jadi di sana kita angkat wisata budaya yang bisa dikenalkan kepada wisatawan,” katanya. (ira)

BAGIKAN