Jadi Atraksi Budaya, Seni Rias Pengantin Bali Tingkatkan Kewirausahaan  ‪

115

Mangupura (Bisnis Bali) – Julukan Bali sebagai destinasi pariwisata dunia, salah satunya karena didukung keunikan seni budaya adiluhung masyarakatnya. Seni tata rias pengantin Bali contohnya, bukan saja bisa menjadi atraksi budaya namun juga berpeluang meningkatkan kewirausahaan bagi orang Bali. Demikian diungkapkan pengamat ekonomi, sosial, dan budaya, Ida Ayu Indra Kondi S. Wananjaya, Sabtu (24/9).

‪Dikatakan keterkaitan sektor pariwisata Bali dengan budaya telah membuka peluang ekonomi sejumlah sektor informal yang notabene merupakan mata pencaharian sebagian anggota masyarakat. Hal tersebut pula menjadikan keterampilan di bidang tata rias pengantin Bali maupun untuk tujuan lainnya makin bernilai ekonomi.

Terutama untuk memenuhi kebutuhan pasar lokal, terkait ritual pada musim pernikahan (Hindu) di Bali. Pada momen tertentu lewat kerja sama dengan pihak pengelola pariwisata produk seni tata rias ini kerapkali juga dijadikan atraksi budaya seperti digelar parade tata rias pengantin dan bahkan uniknya mereka yang terlibat dirias adalah, kalangan wisatawan domestik dan mancanegara.   – Selengkapnya Baca Koran Harian Bisnis Bali  (gun)