Air Terjun Lembah Jian Diminati Wisatawan  

154
Pemandangan lembah jian waterfall 

Singaraja (Bisnis Bali) –  Salah satu objek wisata alam yang ada di Desa Bengkel, Kecamatan Busung Biu Buleleng, yakni air terjun Lembah Jian memiliki pesona tersendiri bagi para pengunjung.

Air terjun yang ada di Buleleng ini berbeda dari air terjun umumnya dengan air yang deras. Air terjun ini mampu memukau wisatawan dengan terjunan air yang tipis dan bebatuan yang melebardan disuguhkan panorama hijau pemandangan alam dan beberapa patung-patung di sekitar air terjun.

Berdasarkan pantauan Bisnis Bali, tempat ini juga dijadikan objek bagi para fotografer untuk mengabadikan momen prawedding baik kasual atau busana adat serta menjadi objek wisata baru bagi wisatawan mancanegara dan domestik.

Salah seorang pengunjung, Komang Juniartini dari Desa Pemaron Buleleng mengatakan, kunjungan ke Air Terjun Lembah Jian kali ini didukung dengan rasa penasaran akan panorama terjunan air yang berbeda dari air terjun pada umumnya. “Awalnya penasaran sama air terjun Lembah Jian soalnya lihat dari foto, airnya berbeda dari yang lain, melebar agak kecil sehingga tertarik melihatnya,” katanya.

Akses jalan yang memadai bisa mengunakan sepeda motor atau memilih memarkir kendaraan di sisi atas sebelum jalan menuju air terjun, dengan tiket masuk Rp 5.000 per orang, objek wisata ini sudah bisa dinikmati pengunjung.

Komang Juniartini, pengunjung lainnya menambahkan, akses jalan menuju lokasi air terjun cukup melewati puluhan anak tangga dan panorama hutan yang masih terjaga kelestariannya. “Kalau kita menuju air terjunnya itu ekstrem tapi seru kata pepatah mencari tempat yg bagus membutuhkan usaha yang keras,” katanya.

Air terjun pada umumnya memiliki ciri khas tersendiri, khusus untuk air terjun Lembah Jian menyerupai air terjun Tembok Barak yang ada di Desa Sambangan Buleleng karena bebatuan di sekeliling terjunan air yang tipis terdapat bebatuan yang berwarna kemerah-merahan. (ira)

BAGIKAN