Kerajinan Gebyok Khas Bali Bernilai Jual Tinggi

149
GEBYOK- Kerajinan gebyok khas Bali merupakan produk seni dengan desain dan motifnya yang unik.

Mangupura (Bisnis Bali) – Kerajinan gebyok khas Bali merupakan produk seni dengan desain dan motifnya yang unik. Hal tersebut mempengaruhi nilai jualnya di pasaran. Demikian diungkapkan, Rai Arnawa, perajin gebyok Bali, Jumat (23/9).

Dikatakan, gebyok Bali desainnya cukup bervariasi serta motif tradisionalnya atraktif. Proses membuat motif khas Bali memerlukan keahlian khusus. ‘’Perajin yang mengerjakan tak hanya memiliki jiwa seni tapi juga keahlian khusus di bidang keterampilan seni ukir Bali,’’ ujarnya.  Bagi mereka yang awam, lanjutnya, seni ukiran pada gebyok Bali  sangat rumit, karena memang dikerjakan manual dan sulit ditiru pesaing luar Bali.

Seni ukiran yang adiluhung itu, katanya, bersumber dari  budaya Bali yang diwarisi secara turun – temurun.

Secara ekonomi, lanjutnya, gebyok banyak dicari dan difanatiki pasar lokal. ‘’Selain banyak diterapkan dalam arsitektur Bali juga terkait pelestarian budaya orang Bali,’’ jelasnya. Tak sedikit di Bali memiliki rumah dengan ornamen gebyok ukir Bali yang sekaligus menandakan status sosial mereka.

Peluang pasarnya tak hanya local, katanya, kini gebyok Bali juga diminati pasar mancanegara maupun Asia. ‘’Ini peluang sekaligus tantangan bagi perajin meningkatkan kualitas produk,’’ imbuhnya. Dengan manajemen bisnis yang baik diyakini perajin mampu mengambil manfaat optimal dari perdagangan ekspor.

Perajin gebyok Bali lainnya, Putu Ariyana menambahkan, harga gebyok bervariasi sesuai ukuran desain dan motifnya. Kisarannya mencapai belasan – puluhan juta per unit. Dia optimis bisnis kearifan lokal ini akan berkembang seiring pasarnya yang makin luas. Terkait persaingan dengan gebyok Jepara menurutnya, masing – masing memiliki keunggulan tersendiri. ‘’Tergantung konsumen mau memilih yang mana,’’ jelasnya.

Gebyok Bali dengan ukiran tradisionalnya yang khas mengandung nilai seni tinggi, sehingga akan mempengaruhi penghargaan konsumen saat membelinya. (gun)

 

BAGIKAN