13 Kios Memilih Tutup, Bus Nihil, Terminal Mengwi tetap Sepi

Kendati moda transportasi kembali dibuka secara terbatas untuk penumpang khusus, seperti kebijakan pemerintah pusat, belum ada satu pun Perusahaan Otobus (PO) Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang kembali beroperasi di Terminal Mengwi alias tutup.

Mangupura (bisnisbali.com) –Kendati moda transportasi kembali dibuka secara terbatas untuk penumpang khusus, seperti kebijakan pemerintah pusat, belum ada satu pun Perusahaan Otobus (PO) Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang kembali beroperasi di Terminal Mengwi alias tutup. Terminal tipe A satu-satunya di Bali ini masih tampak sepi.

Sepinya Terminal Mengwi ini diakui oleh Kepala Terminal Mengwi Cok Agung Suarmaya. “Iya, kondisi tetap sepi, PO belum pada beroperasi,” ungkapnya.

Sejak Terminal Mengwi tak beroperasi terhitung 25 April 2020 lalu, suasana di dalam terminal sangat sepi. Saking sepinya para calon penumpang, 13 kios pedagang di dalam terminal pun memilih tutup.

Cok. Agung Suarmaya pun mengaku tak bisa berbuat banyak. Pihaknya, belum mendapat petunjuk lebih lanjut dari pusat. Khususnya terkait pelayanan penumpang “Kriteria orang yang boleh mudik ini banyak ketentuannya,” ujarnya.

Walau begitu, sebagai pengelola terminal selalu siap jika Terminal Tipe A Mengwi dioperasionalkan kembali. Hanya pihaknya masih menunggu petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) dari pemerintah pusat. “Sebaiknya ada koordinasi antarinstansi terkait, karena itu kan banyak kriterianya bagi penumpang mana yang bolah dan mana yang tidak,” tegasnya.

Berarti sampai saat ini belum ada PO yang beroperasi, kembali disinggung demikian, Cok Agung Suarmaya menegaskan jika tidak ada satu pun PO yang beroperasi di Terminal Mengwi. “Kalau yang dari Terminal Mengwi belum ada,” tandasnya. *sar

BAGIKAN