1,285 Juta Naker Pariwisata Bali Terdampak Covid-19

Sebelumnya, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI telah menyalurkan bantuan sembako tahap I untuk tenaga kerja pariwisata di Bali yang terdampak covid 19. 

Denpasar (bisnisbali.com) –Sebelumnya, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI telah menyalurkan bantuan sembako tahap I untuk tenaga kerja pariwisata di Bali yang terdampak covid-19.

Wakil Ketua Tim Percepatan Penanganan  Dampak dan Pemulihan Covid-19 Provinsi Bali, I Gusti Agung Ngurah Rai Suryawijaya,  mengatakan, stakeholder pariwisata bersama instansi terkait khususnya Dinas Pariwisata Bali saat ini sedang mengkoordinasikan bantuan sembako Kemenpar RI tahap II sebanyak 11.000 paket.

Diungkapkannya, untuk persiapan penyaluran bantuan sembako tahap II Kemenpar RI telah melakukan rapat melibatkan seluruh asosiasi pariwisata Bali bertempat di Kantor Dinas Pariwisata Bali. Bantuan tersebut akan didistribusikan secara tepat dengan kriteria yang disetujui.

Rai Suryawijaya mengatakan, naker pariwisata Bali terdampak covid-19 tercatat 1.285.000 orang. Naker pariwisata terdampak covid-19 ini terbagi dalam beberapa kelompok.

Dipaparkannya, naker pariwisata terdampak covid-19 dari kelompok pekerja hotel dan restoran tercatat 300.000 orang. Kelompok transpor 75.000 orang, kelompok industri 360.000 orang dan kelompok pedagang 550.000 orang. “Total naker pariwisata Bali yang terdampak covid-19 tercatat 1.285.000 orang,” tegasnya.

Rai Suryawijaya menyampaikan dalam rapat koordinasi di Dinas pariwisata diikuti 20-25 asosiasi pariwisata. Dalam rapat telah  diperhitungkan jumlah bantuan sembako dari Kemenpar RI tidak sebanding dengan jumlah naker pariwisata Bali yang terdampak covid-19.

Jumlah bantuan sembako Kemenpar RI tahap I berjumlah 8.000 paket. Bantuan sembako tahap II yang sedang dikoordinasikan sebanyak 11.000 paket sembako. “Bantuan sembako tahap II ini difokuskan dulu untuk kelompok hotel dan restoran, bantuan berikutnya baik dari Kemenpar RI, Kementerian Sosial, Kementerian Tenaga Kerja dan lainnya bisa dilanjutkan ke kelompok yang lain,” ucap Rai Suryawijaya.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi  Bali, Putu Astawa mengatakan memang benar Pemerintah Provinsi sedang mengkoordinasikan rencana distribusi bantuan sembako Kemenpar RI tahap II. “Bantuan 11.000 paket sembako Kemenpar RI ini masih dikoordinasikan pendistribusiannya sehingga tepat sasaran,” tegasnya. *kup

BAGIKAN