100 Perempuan di Desa Tulikup Jalani  ’’Rapid Test’’   

Memperingati Hari Ibu ke-92 tahun 2020, TP PKK Kabupaten Gianyar menggelar rapid test gratis bagi kaum perempuan di Desa Tulikup.

RAPID TEST – TP PKK Kabupaten Gianyar menggelar rapid test gratis bagi kaum perempuan di Desa Tulikup. 

Gianyar (bisnisbali.com) Memperingati Hari Ibu ke-92 tahun 2020, TP PKK Kabupaten Gianyar menggelar rapid test gratis bagi kaum perempuan di Desa Tulikup. Rapid test guna mendeteksi secara cepat penularan Covid-19 ini dilaksanakan di Wantilan Pura Sakti Banjar Menak, Tulikup, Kecamatan Gianyar, Jumat (18/12) kemarin.

Rapid test ini sebagai salah satu upaya TP PKK menemukan kasus Covid-19 tanpa gejala dan untuk mencegah munculnya klaster baru di rumah tangga. Ini juga merupakan bentuk sinergitas TP PKK dengan pemerintah dalam upaya pencegahan Covid-19. “Kebetulan ini bertepatan dengan peringatan  Hari ibu di Kabupaten Gianyar,” jelas Ny. Surya Adnyani Mahayastra.

Disampaikannya, rapid test ini merupakan program TP PKK Pusat yang diselenggarakan serentak pada 14 -21 Desember bagi kaum perempuan di seluruh kabupaten/kota di Indonesia. Hal ini merupakan bentuk sinergitas program PKK Kabupaten Gianyar dengan PKK Provinsi Bali dan PKK Pusat. Kegiatan ini juga sesuai strategi percepatan penanggulangan Covid 19 di Bali yaitu meningkatkan upaya tracing dan testing secara masif dengan harapan penemuan secara dini kasus konfirmasi Covid-19 tanpa gejala.

Pada kesempatan tersebut dilakukan rapid test terhadap 100 orang perempuan Desa Tulikup.  ‘’’Masyarakat masih tidak bisa lepas dari ancaman pandemi Covid-19. Saya akan selalu mengingatkan masyarakat lewat peran keluarga tentang Pesan Ibu melalui 3M yaitu menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir,” kata Ny. Surya Adnyani Mahayastra.

Istri Bupati Gianyar Made Mahayastra ini juga mengingatkan masyarakat khususnya ibu-ibu rumah tangga untuk semakin ketat menerapkan PHBS di rumah tangga. Sebab, kita sudah memasuki musim penghujan, sehingga ancaman yang dihadapi saat ini tidak saja Covid-19, namun juga demam berdarah.

Turut hadir dalam pelaksanaan rapid test gratis Kepala Dinas PMD Gianyar Dewa Ngakan Ngurah Adi, Kepala BPD Bali Cabang Gianyar I Ketut Bagus Ariana, Ketua WHDI Kabupaten Gianyar Ny. Diana Dewi Agung Mayun, Ketua DWP Kabupaten Gianyar Ny. Dwikorawati Wisnu Wijaya dan beberapa tokoh masyarakat setempat. *kup

BAGIKAN